2.06.2012

BPPT: Indonesia Bergantung pada Bahan Bakar Impor Hingga 2030

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memperkirakan bahwa pada tahun 2030 Indonesia masih tetap bergantung pada bahan bakar impor, yang berarti bahwa pemanfaatan energi terbarukan belum maksimal.
Kapasitas pembangkit listrik dan pemanfaatan listrik di Indonesia 
akan naik lebih dari enam kali lipat pada tahun 2030

Sepanjang tahun 2011, banyak upaya yang berhasil dicapai oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di bidang teknologi energi bersih. Bekerjasama dengan PT Pindad dan PT Nusantara Turbin dan Propulsi (NPT), BPPT telah berhasil membuat turbin dan generator untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal).

Hal ini diungkapkan Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi, dan Mineral, DR. Unggul Priyanto, di Jakarta, Selasa. Selain itu, BPPT juga telah merancang pembangkit listrik tenaga surya untuk daerah Sumba Barat Daya, dengan menggunakan teknologi “smart grid”, yang mengkombinasikan sumber energi terbarukan lainnya seperti angin dan air.

Ironisnya, DR. Priyanto mengatakan, bahwa di masa depan akan ada lonjakan besar yang tidak terhindari pada penggunaan energi fosil (minyak bumi dan batubara) serta listrik.

READ MORE »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar