1.27.2012

Biomassa Menjawab Tantangan Energi dan Efek Gas Rumah Kaca


Masalah lingkungan sebenarnya memiliki solusi yang berasal dari lingkungan juga.  Misalnya, gas rumah kaca dan krisis energi. Kedua masalah yang saling berkaitan tersebut dapat dijawab oleh biomassa. Bagaimana bisa?

Gas rumah kaca yang disebabkan oleh hasil pembakaran bahan bakar fosil, berupa karbondioksida yang dilepaskan di atmosfir, keberadaannya akan menghalangi panas yang akan meninggalkan bumi sehingga akan meningkatkan suhu bumi. Bila hal ini terjadi terus-menerus, maka akan terjadi ketidakstabilan iklim yang akan mempengaruhi kualitas kehidupan di lingkungan. Selain disebabkan oleh CO2, gas yang juga berkontribusi adalah methane (CH4) dan nitrous oksida (N2O). Pembakaran bahan bakar dari biomassa juga menghasilkan CO2, tetapi akan diserap kembali oleh tumbuhan itu sendiri untuk proses fotosintesis, sehingga tidak ada karbondioksida berlebihan dalam atmosfer.


Peningkatan Temperatur

Tahun 1998 merupakan tahun dimana terjadi peningkatan terbesar temperatur. Peningkatan temperatur ini menyebabkan pencairan es di kutub sehingga volume lautan meningkat dan ketingian permukaan laut meningkat 10 sampai 25 cm. Bahkan diprediksikan tahun 2100 temperatur akan meningkat secara tajam hingga mencapai 6 derajat celcius. Dampak itulah yang memicu terjadinya banyak bencana alam.


Untuk meminimalisir pemanasan bumi, dapat dilakukan dengan mengurangi atau menghentikan proses yang paling besar dalam memicu efek gas rumah kaca, salah satunya adalah penggunaan bahan bakar fosil. Pengembangan biomassa sebagai sumber energi terbarukan untuk substitusi bahan bakar bisa menjadi solusi untuk mengurangi beredarnya gas rumah kaca di atmosfer. Dengan penggunaan biomassa sebagai sumber energi maka konsentrasi CO2 dalam atmosfer akan seimbang. Pada waktu yang sama, manusia semakin menyebabkan peningkatan rumah kaca dengan penebangan hutan secara luas takterkontrol (deforestrisasi) sehingga mengurangi kemampuan fungsi hutan sebagai penyerap gas CO2.

READ MORE »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newest Items :