1.03.2012

TINGGALKAN ENERGI BATUBARA MARI BERALIH KE ENERGI BIOMASS YANG SELALU TERBAHARUKAN

Greenpeace Ingatkan Bahaya Energi Batubara

7 November 2010 | 18:23 WIB


Greenpeace, JATAM dan Walhi menyerukan kepada pemerintah Indonesia untuk menghentikan ketergantungan terhadap energi kotor batubara. Caranya dengan menggagalkan rencananya untuk membangun lebih banyak pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) bertenaga batubara.


Sebagai gantinya, Pemerintah Indonesia diminta mulai membangun masa depan yang ditenagai energi bersih dengan sumber-sumber energi terbarukan. Hal itu disampaikan Greenpeace Indonesia dalam siaran persnya pada peluncuran laporan “Batubara mematikan: Biaya tinggi untuk batubara murah, bagaimana rakyat Indonesia membayar mahal untuk bahanbakar terkotor di dunia.”


“Batubara meninggalkan jejak-jejak kerusakan lingkungan yang sangat dahsyat sepanjang proses pemanfaatannya. Mulai dari pertambangan sampai ke PLTU batubara, mulai dari kerusakan hutan ketika pembukaan pertambangan batubara, sampai kerusakan lingkungan dan kehilangan matapencaharian yang dialami masyarakat yang tinggal di sekitar pertambangan dan PLTU,” kata Arif Fiyanto, Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Asia Tenggara.


Laporan “Batubara mematikan: Biaya tinggi batubara murah, bagaimana rakyat Indonesia membayar mahal untuk bahanbakar terkotor di dunia” berisi testimoni-testimoni bagaimana tambang batubara dan PLTU bertenaga batubara secara drastis mempengaruhi kesehatan dan sumber mata pencaharian masyarakat yang tinggal di dekatnya. 

READ MORE »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newest Items :