1.31.2012

Korsel Manfaatkan Limbah Jagung untuk Energi Listrik


GORONTALO--Investor asing yang bernaung dalam Korea Energy Management Corporation (KEMCO) tertarik untuk memanfaatkan limbah jagung di Provinsi Gorontalo. Jae Hak Woo, salah seorang investor Korea Selatan tersebut mengatakan pihaknya iingin mengembangkan limbah jagung bagian tongkol. Tongkol jagung bisa menghasilkan energi listrik dengan teknologi yang ada, sehingga pihaknya memilih untuk mengembangkannya di Gorontalo, katanya saat bertemu dengan pemerintah Provinsi Gorontalo, Kamis.
Ilustrasi Green Energy

Pemerintah Korsel sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Gorontalo, di Seoul pada Juli 2009.Peluang tersebut telah dilirik oleh pemerintah Korsel beberapa tahun sebelumnya dan baru akan dilaksanakan pada tahun ini. Menanggapi hal itu, Pelaksana Tugas Gubernur Gorontalo, Gusnar Ismail mengatakan pihaknya menyambut gembira proyek pembangunan pembangkit listrik dari biomass tersebut.

Dalam kerjasama itu, pihak Pemprov Gorontalo akan menyediakan lahan bagi instalasi pembangkit listrik dan memberikan jaminan pasokan biomass serta memfasilitasi prosedur administratif lain.Sedangkan pihak KEMCO dengan Ecosian Ltd sebagai kontraktor akan memulai studi kelayakan proyek pembangkit listrik dengan menggunakan bahan bakar biomass, yang berasal dari limbah jagung dan produk pertanian lain serta memastikan pendanaan proyek, teknologi dan aspek pembangunan fisik.

Untuk tahap awal, proyek ini akan memiliki kapasitas 25 MegaWatt (MW) untuk memenuhi kebutuhan listrik di Gorontalo. ant/kpo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newest Items :